Lewat Program Kreatif, Menparekraf Dorong Produk Kabupaten Bogor

CIBINONG – Salah satu upaya peningkatan penjualan dengan hasil pemasaran baik, tentunya harus dikemas dengan desain produk yang baik. Itulah yang kini tengah di dorong oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, pada pengembangan subsektor desain produk di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, lewat program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia.

Sandiaga menegaskan, produk di kabupaten bogor sudah sangat baik, namun desain produk perlu ditingkatkan untuk membuka lapangan kerja seluas mungkin. Bila memang sudah baik, maka nantinya bisa menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, perlu ada kolaborasi dari para pemangku kepentingan agar dapat meningkatkan potensi sektor ekonomi kreatif yang ada di wilayah tersebut.

“Dengan semakin meningkatnya ekonomi kreatif di Indonesia, maka ini menjadi peluang besar bagi munculnya usaha atau bisnis baru yang membantu menyelesaikan permasalahan pengangguran di Indonesia,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Lanjutnya, Kemenparekraf/Baparekraf kini terus melakukan upaya pengembangan desain produk melalui program dan kegiatan yang relevan, seperti Bedah Desain Kemasan yakni Sebuah program pendampingan pelaku usaha dengan tujuan mengedukasi, membantu, memulihkan, meningkatkan perekonomian dan pendapatan pelaku industri kreatif melalui pembuatan identitas visual.

“Redesain kemasan dan bantuan pencetakan kemasan, Inkubasi Fesyen dan Kriya berupa pendampingan pelaku fesyen dan kriya untuk menghasilkan produk berkelanjutan dengan kualitas produk yang memiliki potensi untuk dikembangkan dengan lebih baik sehingga memiliki nilai jual dan berdaya saing di tingkat nasional dan juga melalui workshop KaTa Kreatif,” bebernya.

Masih kata Menteri, dengan berbagai kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pemikiran kreatif dari para peserta, sehingga mereka dapat terus berkarya dengan bekal materi kreativitas, permodelan bisnis, promosi digital, dan pengelolaan keuangan serta permodalan. Terkait peningkatan pemasaran hasil berbagai macam desain produk di Kabupaten Bogor.

“Strategi yang saat ini tengah gencar dilakukan yaitu melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Gernas BBI. Gernas Bangga Buatan Indonesia adalah program totalitas yang melibatkan lebih dari 20 kementerian dan lembaga untuk mempercepat proses transformasi dan digitalisasi,” tandasnya.

Dokumentasi berita:

  1. https://mediaindonesia.com/ekonomi/441283/sandiaga-uno-peningkatan-kualitas-kemasan-dongkrak-pemasaran
  2. http://bogoronline.com/2021/10/sandiaga-uno-peningkatan-quality-kemasan-membuka-lapangan-kerja-indonesia-bangkit/
  3. https://bogorchannel.id/bisnis/sandiaga-uno-peningkatan-quality-kemasan-membuka-lapangan-kerja-indonesia-bangkit/
  4. http://bogornews.com/-sandiaga-uno-peningkatan-quality-kemasan-membuka-lapangan-kerja-indonesia-bangkit
  5. https://bogormu.com/sandiaga-uno-peningkatan-quality-kemasan-membuka-lapangan-kerja-indonesia-bangkit/
  6. https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1415429-usul-sandiaga-uno-kurangi-pengangguran-di-indonesia

Bagikan

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on email